Tuesday, November 17, 2009

Lempeng Cappucino


Ini kukis yang aku buat untuk berpartisipasi di event NCC Cookies Week .
Sumbernya bonus majalah Femina jadul. Aku pilih cookies ini karena terpesona pada polkadot putih di atas dasar coklat yang cantik.
Eh ternyata, mbak Anti juga posting cookies ini...hehe...
Nah, dari hasil email-2an, ada beberapa tips dari mbak Anti yang aku yang aku copy disini juga. Supaya kalo ada yang mo buat, bisa memanfaatkan tips ini.

1. Baik mbak Anti maupun diriku mengalami kesulitan memotong adonan yang baru keluar dari kulkas. Mbak Anti malah udah dicampur tepung lagi, eh masih tetep susah. Akhirnya akhirnya diakalin bentuk bulet2 kayak bikin nastar terus ditekan di loyang sampai bentuk oval panjang / lidah kucing. Nah kalo aku diakalinnya dengan cara digilas, trus dipotong deh pake cookie cutter. Yang aku pake bentuk hati neh...

2. Polkadotku banyak yang berekor (perhatikan di fotona deh...). Tips dari mbak Anti adalah, setelah dimasukin piping tunggu sampai anget2 tapi masih bisa netes. Terus ngebentuk polkadotnya nunggu coklatnya (dcc) kering dulu. Kalo berekor mungkin coklat putihnya masih agak panas jadi masih meluncur gitu.


Gitu deh.... Coba yuukk...


LEMPENG CAPPUCINO
(source : Bonus Femina no. 50/2004)
Kukisnya crunchy, dengan rasa yang komplit, karena ada rasa kopi, coklat dan kayu manis. Resep ini ada sedikit modifikasi (baik yang disengaja maupun tidak)...hehe. . Pertama kali mencicipinya, langsung teringat rasa biskuit V*****e. Pokoknya enak deh...
Bahan :
  • 100g margarin
  • 100g mentega (aku gak pake margarin, jadi mentega aku tambah jadi 200g)
  • 125g gula pasir
  • 50g brown sugar (asisten gak sengaja keliru pake palm sugar, tapi gpp kok...J)
  • 1sdm kopi bubuk instan, larutkan dalam 1sdm air panas
  • 1 butir telur ayam
  • 50g DCC, cincang, lelehkan
  • 280g tepung terigu
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • ¼ sdt garam
Hiasan :
  • 150g DCC, cincang, lelehkan
  • 50g WCC, cincang, lelehkan
Cara membuat :
  • Kocok margarin dan mentega (aku cuma mentega aja ya..) hingga lembut. Masukkan gula pasir dan brown sugar (aku pake palm sugar), kook kembali hingga tercampur rata. Tambahkan kopi, telur dan coklat leleh, kocok rata perlahan. Tambahkan tepung terigu, kayu manis dan garam, uleni kembali adonan hingga rata.
  • Tutup adonan dengan plastik, masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bentuk setiap bagian menjadi silinder dengan panjang masing-2 10 cm dan bungkus dengan plastik. Diamkan dalam lemari es semalam
  • Potong masing-2 adonan melintang setebal ½ cm, susun di atas loyang kukis yang telah dioles margarin. (karena kesulitan memotong rapi adonan, akhirnya aku putuskan adonan digilas aja, trus dicetak dengan cookie cutter bentuk hati...kelar deh..)
  • Panggang dalam oven bersuhu 145°C selama 30 menit hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  • Celup setengah bagian kue ke dalam DCC leleh, diamkan hingga lapisan coklat mengeras. Lalu buat motif polkadot dengan coklat putih, biarkan sampai dingin. Sajikan untuk 900g








No comments:

Post a Comment